Tugas pertemuan 1
A. Pengantar Sistem Informasi Psikologi
1. Pengertian Informasi
Data yang sudah diolah sebuah bentuk yang
berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini
atau mendukung sumber informasi.
2. Pengertian Sistem informasi Psikologi
Sistem informasi adalah suatu sistem di
dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi
harian, mendukung operasi, sifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu
organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang
diperlukan.
Ahli Psikologi mempelajari informasi
dengan ketertarikan terhadap bagaimana pengambilan keputusan manusia mengenal
dan menggunakan informasi formal.
3. Contoh kasus
Seorang psikolog yang ingin merekrut
pegawai di suatu perusahan dan menggunakan alat tes yang tidak sedikit,
akhirnya untuk membantu pencatatan dan skoring psikolog menggunakan alat bantu
komputer agar hasil lebih akurat dengan menggunakan aplikasi yang seusuai
dengan alat tes yang digunakan.
1. Pengertian
Arsitektur computer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur
computer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar
dari suatu sistemkomputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru
dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan
alamat dari dan ke memori cache,RAM, ROM, cakram keras, dll).
Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
· Set
instruksi (ISA)
· Arsitektur
mikro dari ISA, dan
· Sistem
desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras computer ini.
2. Struktur
kognisi manusia
Piaget berpendapat bahwa perkembangan
manusia dapat di gambarkan dalam konsep fungsi dan struktur. Fungsi merupakan
mekanisme biologis bawaan yang sama bagi setiap orang atau
kecendrungan-kecendrungan biologis untuk mengorganisasi pengetahuan kedalam
struktur kognisi, dan untuk beradaptasi kepada berbagai tantangan lingkungan.
Tujuan dari fugsi-fungsi itu adalah menyusun struktur kognitif internal.
Sementara struktur merupakan intereasi (saling berkaitan)
system pengetahuan yang mendasari dan membimbing tingkah laku inteligen.
Struktur kognitif diistilahkan dengan konsep skema, yakitu
seperangkat keterampilan, pola-pola kegiatan yang fleksibel yang denganya anak
memahami lingkungan. Skema memiliki dua elemen, yaitu: (a) objek yang ada
dilingkugan dan (b) reaksi anak sebagai objek.
Menurut Wasty Soemanto (1984), skema ini
berhubungan dengan (a) refleks: bernapas, makan, dan minum; dan (b) skema
mental: skema klasifikasi (pola tingkah aku yang masih sulit diamati). Dalam
membahas fungsi-fugsi, Piaget mengelompokkannya sebagai berikut: Organisasi,
yang merujuk pada fakta bahwa semua struktur kognitif berinterelasi, dan
berbegai pengetahuan baru harus diselaraskan ke dalam system yang ada.
Adaptasi, yang merujukkan pada kecendrungan organisme untuk menyelaraskan dengan
lingkungan. Adaptasi ini terdiri atas dua subproses:
(1) Asimilasi, yaitu kecendrungan untuk memehami pengalaman baru berdasarkan
pengetahuan yang telah ada; (2) Akomodasi, yaitu perubahan struktur kognitif
krena pengalaman baru.
3. Kaitan
antara struktur kognitif dengan arsitektur komputer
Struktur kognisi manusia merupakan sesuatu
yang disusun di dalam otak manusia, mengacu pada seluruh proses dimana input
sensorik diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan, diambil kembali, dan digunakan.
Input yang dimasukan dalam proses kognitif merupakan suatu stimulus atau
informasi yang nantinya diterima melalui indera-indera manusia, informasi
tersebut diolah menjadi suatu keluaran atau respon. Sedangkan arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer.
Hal ini terkait dengan penemuan para ilmuawan
bahwa komputer membantu penelitian terhadap pemikiran manusia,
komputer juga memberikan dampak filosofis terhadap cara pandang ilmuwan
terhadap pemikiran. Pada awalnya, computer dianggap sebagai mesin ajaib
penghitung angka yang mampu melakukan operasi matematika yang rumit dalam
kecepatan amat tinggi, jauh lebih cepat dari manusia (Solso, 2007). Nyatanya, beberapa computer awal dirancang
oleh institusi militer untuk menyelesaikan persamaan matematis yang diperlukan
untuk menghancurkan posisi-posisi musuh. Meski demikian, manusia segera
menyadari bahwa computer lebih dari sekedar kalkulator super, computer dapat
melakukan kinerja yang menyerupai problem-solving pada manusia dan menunjukkan
perilaku cerdas (Solso, 2007).
4. Kelemahan
dan kelebihan arsitektur komputer dibandingkan struktur kognitif
Kelebihan Arsitektur Komputer, antara lain:
· Memiliki
processor yang berjumlah lebih dari satu.
· Bisa
digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
· Dapat
membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
· Menggunakan
teknologi time sharring.
· Kecepatan
kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).
Kekurangan Arsitektur Komputer:
· Karena
ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
· Harganya
sangat mahal.
· Interface
dengan pengguna masih menggunakan teks.
· Kerjanya
sangat lama.
· Membutuhkan
daya listrik yang sangat besar
Kelebihan Struktur Kognisi Manusia:
· Truktur kognisi
lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas.
· Banyak
memberi motivasi agar terjadi proses belajar.
· Mengoptimalisasikan
kerja otak secara maksimal.
Kekurangan Struktur Kognisi Manusia:
· Struktur
kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
· Banyak
memberi motivasi agar terjadi proses belajar
· Mengoptimalisasikan
kerja otak secara maksimal
Sumber :
Kusrini & Kanito, A,. (2007). Tuntunan
praktis membangun sis I Akn dengan
visual Basic dan M SQL server. Yogyakarta: Andy.
visual Basic dan M SQL server. Yogyakarta: Andy.
Kenneth. C, Laudon, Jane P, Laudon.
(2007). Sistem informasi manajemen, Edisi 10. Jakarta: Salemba
Empat.
Wikipedia.com
Yusuf LN, H. Syamsu, Dr., M.pd.
2006. Psikoogi perkembangan anak dan remaja. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Solso, R., Maclin, O.H., Maclin,
M.Kimberly. (2007). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Kusrini & Kanito, A,. (2007). Tuntunan
praktis membangun sis I Akn dengan
visual Basic dan M SQL server. Yogyakarta: Andy.
visual Basic dan M SQL server. Yogyakarta: Andy.
Kenneth. C, Laudon, Jane P, Laudon.
(2007). Sistem informasi manajemen, Edisi 10. Jakarta: Salemba
Empat.
Wikipedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar