Matcha IceCream

Matcha IceCream
Matcha IceCream

Sabtu, 21 November 2015

Tugas Pertemuan 1

Tugas pertemuan 1

A. Pengantar Sistem Informasi Psikologi
1. Pengertian Informasi
Data yang sudah diolah sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.
2. Pengertian Sistem informasi Psikologi
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, sifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Ahli Psikologi mempelajari informasi dengan ketertarikan terhadap bagaimana pengambilan keputusan manusia mengenal dan menggunakan informasi formal.
3. Contoh kasus

Seorang psikolog yang ingin merekrut pegawai di suatu perusahan dan menggunakan alat tes yang tidak sedikit, akhirnya untuk membantu pencatatan dan skoring psikolog menggunakan alat bantu komputer agar hasil lebih akurat dengan menggunakan aplikasi yang seusuai dengan alat tes yang digunakan.


1.     Pengertian Arsitektur computer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur computer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistemkomputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
·      Set instruksi (ISA)
·      Arsitektur mikro dari ISA, dan
·      Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras computer ini.
2.     Struktur kognisi manusia
Piaget berpendapat bahwa perkembangan manusia dapat di gambarkan dalam konsep fungsi dan struktur. Fungsi merupakan mekanisme biologis bawaan yang sama bagi setiap orang atau kecendrungan-kecendrungan biologis untuk mengorganisasi pengetahuan kedalam struktur kognisi, dan untuk beradaptasi kepada berbagai tantangan lingkungan. Tujuan dari fugsi-fungsi itu adalah menyusun struktur kognitif internal. Sementara struktur merupakan intereasi (saling berkaitan) system pengetahuan yang mendasari dan membimbing tingkah laku inteligen. Struktur kognitif diistilahkan dengan konsep skema, yakitu seperangkat keterampilan, pola-pola kegiatan yang fleksibel yang denganya anak memahami lingkungan. Skema memiliki dua elemen, yaitu: (a) objek yang ada dilingkugan dan (b) reaksi anak sebagai objek.
Menurut Wasty Soemanto (1984), skema ini berhubungan dengan (a) refleks: bernapas, makan, dan minum; dan (b) skema mental: skema klasifikasi (pola tingkah aku yang masih sulit diamati). Dalam membahas fungsi-fugsi, Piaget mengelompokkannya sebagai berikut: Organisasi, yang merujuk pada fakta bahwa semua struktur kognitif berinterelasi, dan berbegai pengetahuan baru harus diselaraskan ke dalam system yang ada. Adaptasi, yang merujukkan pada kecendrungan organisme untuk menyelaraskan dengan
lingkungan. Adaptasi ini terdiri atas dua subproses: (1) Asimilasi, yaitu kecendrungan untuk memehami pengalaman baru berdasarkan pengetahuan yang telah ada; (2) Akomodasi, yaitu perubahan struktur kognitif krena pengalaman baru.
3.     Kaitan antara struktur kognitif dengan arsitektur komputer  
Struktur kognisi manusia merupakan sesuatu yang disusun di dalam otak manusia, mengacu pada seluruh proses dimana input sensorik diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan, diambil kembali, dan digunakan. Input yang dimasukan dalam proses kognitif merupakan suatu stimulus atau informasi yang nantinya diterima melalui indera-indera manusia, informasi tersebut diolah menjadi suatu keluaran atau respon. Sedangkan arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Hal ini terkait dengan penemuan para ilmuawan bahwa komputer membantu penelitian terhadap pemikiran manusia, komputer juga memberikan dampak filosofis terhadap cara pandang ilmuwan terhadap pemikiran. Pada awalnya, computer dianggap sebagai mesin ajaib penghitung angka yang mampu melakukan operasi matematika yang rumit dalam kecepatan amat tinggi, jauh lebih cepat dari manusia (Solso, 2007). Nyatanya, beberapa computer awal dirancang oleh institusi militer untuk menyelesaikan persamaan matematis yang diperlukan untuk menghancurkan posisi-posisi musuh. Meski demikian, manusia segera menyadari bahwa computer lebih dari sekedar kalkulator super, computer dapat melakukan kinerja yang menyerupai problem-solving pada manusia dan menunjukkan perilaku cerdas (Solso, 2007).

4.     Kelemahan dan kelebihan arsitektur komputer dibandingkan struktur kognitif
Kelebihan Arsitektur Komputer, antara lain:
·         Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu. 
·         Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user). 
·         Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan 
·         Menggunakan teknologi time sharring.
·         Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).


Kekurangan Arsitektur Komputer:
·         Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya. 
·         Harganya sangat mahal. 
·         Interface dengan pengguna masih menggunakan teks. 
·         Kerjanya sangat lama. 
·         Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

Kelebihan Struktur Kognisi Manusia:
·         Truktur  kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas.
·         Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar. 
·         Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.

Kekurangan Struktur Kognisi Manusia:
·         Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
·         Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
·         Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal


Sumber :
Kusrini & Kanito, A,. (2007). Tuntunan praktis membangun sis I Akn dengan
visual Basic dan M SQL server
. Yogyakarta: Andy.
Kenneth. C, Laudon, Jane P, Laudon. (2007). Sistem informasi manajemen, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Wikipedia.com
Yusuf LN, H. Syamsu, Dr., M.pd. 2006. Psikoogi perkembangan anak dan remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Solso, R., Maclin, O.H., Maclin, M.Kimberly. (2007). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusrini & Kanito, A,. (2007). Tuntunan praktis membangun sis I Akn dengan
visual Basic dan M SQL server
. Yogyakarta: Andy.
Kenneth. C, Laudon, Jane P, Laudon. (2007). Sistem informasi manajemen, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Wikipedia.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar